Salah satu destinasi wisata pantai andalan Provinsi Jawa Timur adalah Pantai Prigi di Kabupaten Trenggalek. Pantai yang terkenal akan keindahan alamnya dan dijuluki sebagai Raja Ampatnya Pulau Jawa ini terletak di Desa Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Jarak tempuh ke pantai Prigi sekitar 48 km dari pusat kota trenggalek. Dalam perjalanan menuju ke pantai, kurang lebih 4 km sebelum sampai kesana anda akan disuguhi pemandangan yang indah, nyiur melambai pohon kelapa dan deburan ombak di pantai yang menghantam bukit.
Pantai Prigi Trenggalek, Eksotisme Raja Ampatnya Pulau Jawa yang Mempesona

Rute ke Pantai Prigi, menikmati Raja Ampatnya Pulau Jawa

Buat anda yang akan menuju ke pantai Prigi tidak perlu khawatir mengenai transportasinya. Saat ini akses jalan dan angkutan umum menuju ke pantai Prigi sudah tersedia sangat baik.

Jika anda dari Surabaya untuk menuju ke kota Trenggalek sendiri sangat mudah. Anda bisa langsung naik bus arah Trenggalek dari Terminal Bungurasih. Kemudian turun di Terminal Durenan. Selanjutnya anda tinggal pilih angkutan pedesaan menuju pantai Prigi.

Untuk anda yang memakai kendaraan pribadi, setelah anda sampai ke kota Trenggalek, ambil jalan ke arah selatan sesudah sampai di pertigaan Durenan. Kurang lebih 10 km dari pertigaan Durenan, ada pertigaan Bandung, suatu kecamatan yang masuk wilayah Kabupaten Tulungagung.

Setelah sampai di pertigaan tersebut, perjalanan dilanjutkan menuju ke arah barat. Kemudian, perjalanan ke arah Prigi tidak lagi menjumpai persimpangan di jalan utama. anda tinggal mengikuti jalan utama yang ada untuk sampai ke Pantai Prigi.

Tiket masuk ke Pantai Prigi

Pantai Prigi ini memiliki pasir putih kecoklatan, untuk masuk ke Pantai Prigi anda cukup merogoh kocek yang terbilang sangat murah hanya Rp. 6.000/orang. Dengan harga tiket semurah itu anda bisa sepuasnya menikmati keindahan pantai Prigi sambil bermain air, pasir pantai ataupun berenang.

Di Pantai yang terletak di Trenggalek ini anda juga bisa mencoba adrenalin anda untuk mengarungi ombak dengan perahu yang dapat disewa dengan harga kisaran Rp. 100 rb/perahu atau sekitar Rp. 10 rb/orang, cukup murah bukan ?

Dengan perahu sewa tersebut anda bisa mengarungi dan mengelilingi beberapa karang besar yang ada di tengah pantai sambil mengambil foto beberapa pemandangan yang menarik.

Fasilitas yang ada di Pantai Prigi Trenggalek
Pantai prigi selalu ramai dikunjungi para wisatawan, terlebih pada penghujung akhir pekan atau hari libur. Beberapa fasilitas yang ada di Pantai Prigi Trenggalek antara lain :
  • Beberapa penginapan dengan berbagai fasilitas
  • Rumah Makan
  • Warung & Cafe
  • Area camping/berkemah
  • Tempat Olahraga dan tracking
  • Taman Bermain
  • Tempat pelelangan ikan
  • Area Parkir yang luas
Meskipun pantai Prigi termasuk deretan pantai yang ada di selatan pulau Jawa yang terkenal dengan ombaknya yang besar dan cenderung berbahaya tetapi hal ini tidak berlaku di pantai Prigi.

Ombak pantai Prigi relatif kecil karena setiap gelombang ombak yang datang akan menghantam karang atau pegununugan yang ada disekitar pantai, sehingga pantai ini sering dijuluki sebagai Raja Ampatnya Pulau Jawa karena banyaknya karang/pegunungan di sekitar pantai tersebut.

Berburu Ikan Fresh di Pelelangan Ikan
Satu lagi daya tarik dari pantai Prigi dibanding pantai yang lain adalah adanya tempat pelelangan ikan yang terintegrasi.

Jadi disana tidak hanya menawarkan wisata alam pantainya saja yg indah, tetapi wisatawan juga dapat berburu ikan laut segar ditempat pelelangan ikan yang ada tidak jauh dari pantai.

Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) di Pantai Prigi, adalah sentra perekonomian dari warga setempat. Warga di sekitar pantai tidak hanya bertumpu dari hasil pengelolaan obyek wisata pantai, tetapi juga mencari pendapatan sebagai nelayan.

Pantai prigi trenggalek, eksotisme raja ampatnya pulau jawa yang mempesona
image sources : cagarwisata.blogspot.co.id

Tempat pelelangan ini tidak pernah sepi. Setiap pagi nelayan pulang melaut, mereka akan segera menggelarkan ikan-ikan segar hasil tangkapannya di tempat pelelangan ikan itu dan akan diserbu oleh para pembeli yang sudah menunggu.

Hampir separuh dari lokasi pantai berpasir cokelat ini dijadikan sebagai tempat PPN. Separuh lagi dibiarkan alami. Meskipun demikian hal ini malah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang menikmati suasana alam pantai sambil menyantap ikan segar hasil tangkapan nelayan langsung.

Setiap saat, kita bisa menjumpai beberapa puluh perahu cadik serta perahu nelayan tradisional bertambat di pelabuhan.

Kalau sedang tidak bulan purnama, anda bisa melihat hampir seluruh nelayan turun melaut dan hilir mudik baik yang baru pulang ke lautan luas.

Anda juga bisa menjumpai aktivitas nelayan yang melakukan berbagai kegiatan seperti memperbaiki jala atau melihat para perajin kapal tradisional yang trampil merangkai batang – batang kayu menjadi kapal. Suatu pemandangan yang sayang untuk dilewatkan.

Peta Pantai Prigi Trenggalek

Lokasi : Desa Tasikmadu (Watulimo), Trenggalek, East Java 66382, Indonesia

Demikian sedikit informasi tentang keindahan Pantai Prigi Trenggalek, semoga bisa menambah referensi tempat liburan anda.

Jika anda suka dan ingin berbagi kepada teman atau kerabat, silahkan SHARE melalui tombol Sosial Media (Facebook, Twitter dan Google+) yang tersedia di bawah.

Anda juga bisa berkomentar mengenai artikel ini melalui kolom komentar yang saya sediakan di bawah. Terima kasih