Beberapa Minggu yang lalu saya berkesempatan untuk melakukan perjalanan ke salah satu pantai di Provinsi Jawa Timur tepatnya di Pantai Klayar, Pacitan. Ternyata seperti yang  dibilang oleh teman saya yang pernah kesana pantai Klayar Pacitan menyimpan potensi keindahan alam yang mempesona.

Di pantai Klayar anda akan disuguhi pesona hamparan pasir yang putih, dan keunikan pantai dengan adanya karang raksasa seperti patung Spinx di Mesir, di samping itu anda juga dapat melihat air mancur alami yang dapat memancarkan air hingga setinggi 10 meter, serta yang tidak kalah uniknya adanya suguhan seruling samudera.

Pantai Klayar Pacitan secara administratif terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai Klayar dapat ditempuh dengan jarak sekitar 40 km dari pusat kota Pacitan mengarah ke arah barat, dengan memakan perjalanan kurang lebih sekitar 1 jam.

Pantai Klayar merupakan salah satu destinasi wisata pantai di Jawa Timur yang mulai rami wisatawan. Memang popularitas pantai masih kalah jika dibanding dengan obyek wisata lain yang ada di Kabupat Pacitan seperti Goa Gong dan Pantai Teleng Ria.

Tetapi saat ini, pantai Klayar mulai dikenal di kalangan wisatawan termasuk salah satu destinasi wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi.

pantai klayar pacitan, menikmati riuhnya gemuruh ombak dibalik dinding karang

Rute perjalanan ke Pantai Klayar Pacitan

Kalau anda memiliki rencana melakukan perjalanan wisata ke Jawa Timur, pesona keindahan pantai Klayar layak anda masukkan dalam daftar rencana perjalanan anda. Tetapi waktu terakhir beberapa minggu yang lalu saya kesana akses menuju pantai Klayar masih kurang memadai.

Di sejumlah ruas jalan masih banyak bagian jalan yang belum teraspal secara utuh serta beberapa bagian lain yang rusak.

Terakhir saya kesana, belum tersedia angkutan umum yang dapat mengantarkan wisatawan ke pantai Klayar Pacitan. Cara yang paling mudah menuju pantai adalah dengan memakai kendaraan pribadi, bisa dengan mobil atau sepeda motor.

Anda juga bisa memanfaatkan beberapa  jasa agen perjalanan wisata untuk mengantarkan rombongan menuju pantai Klayar ini. Biasanya para jasa agen perjalanan wisata menawarkan beberapa paket pilihan wisata di Kabupaten Pacitan yang bisa anda pilih.

Sebagai informasi, letak pantai Klayar ini hanya  berjarak 12 km dari Goa Gong sehingga biasanya dua tempat wisata ini masuk dalam satu paket perjalanan.

Jika anda mulai perjalanan dari Jogjakarta, maka rute paling mudah menuju pantai Klayar adalah dengan mengambil jalan lewat kota Wonosari di Gunungkidul.

Beberapa daerah yang  akan dilewati antara lain Pathuk – kota Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur – Punung – Pantai Klayar.

Sedang jika anda mengambil rute lewat Solo, maka anda bisa langsung menuju Kecamatan Pracimantoro, lalu anda akan tiba di pertigaan Giribelah, kemudian belok ke kanan hingga tiba di perempatan Kalak. Dari situ, anda meneruskan perjalanan selama  kurang lebih  1 jam untuk sampai di Pantai Klayar.

Untuk sampai ke pantai Klayar memang tidak bisa dikatakan mudah. Selain akses jalan yang rusak, anda juga harus lebih berhati-hati dalam berkendara karena sepanjang perjalanan sebagian besar rute yang dilewati memiliki kontur jalan yang berkelok-kelok dan naik turun.

Tetapi setiba di pantai, semua jerih payah anda akan terbayar lunas dengan suguhan pemandangan pantai yang mempesona.

Sebenarnya persoalan infrastruktur ini telah diantisipasi oleh pemerintah daerah dalam rencana pengembangan wisata Pacitan.  Mengingat dari hari ke hari tingkat kunjungan wisatawan ke pantai Klayar Pacitan menunjukkan tren yang meningkat.

Apabila anda suka suasana pantai yang sepi anda bisa memilih selain hari libur atau Minggu untuk berwisata ke pantai Klayar karena di hari-hari biasa, pantai ini tidak terlalu ramai dan anda hanya akan menjumpai kalangan nelayan lokal yang beraktivitas di pantai.

Tetapi saat hari libur tiba, pantai Klayar adalah salah satu pantai favorit yang  banyak dikunjungi wisatawan domestik dan sebagian wisatawan mancanegara.

Setibanya di pantai Klayar, anda dapat melihat icon pantai Klayar Pacitan, yaitu dua karang setinggi pohon kelapa di sisi timur pantai. Pada bagian belakang dua karang tersebut, terdapat karang lain yang menahan terjangan ombak laut selatan.

Satu keunikan lain dari pantai ini adalah di antara karang-karang tersebut  terdapat sebuah karang raksasa yang sekilas mirip dengan Tanah Lot di Bali.

Beberapa hal menarik di Pantai Klayar Pacitan

Ciri khas pantai Klayar adalah adanya banyak tebing yang beberapa di antaranya berlubang karena terjangan ombak, di samping itu juga terdapat jejeran pohon kelapa di kawasan pantai.

Satu hal yang h adalah anda ingat, dipantai Klayar wisatawan tidak diperbolehkan untuk berenang di pantai mengingat ombak laut selatan yang tergolong besar dan berbahaya serta banyaknya tebing.

Wisatawan hanya diperbolehkan untuk bermain di pinggir pantai dengan jarak maksimal 2 meter dari bibir pantai.

Seruling samudra
Di pantai Klayar, Anda dapat melihat satu fenomena unik, yakni seruling samudra. Seruling samudera ini sebenarnya sebutan untuk satu fenomena alam di mana terdapat cekungan yang ada di bagian bawah tebing atau batuan yang ada di pantai.

Saat cekungan ini diterjang ombak laut, maka air laut akan menyembur keluar ke permukaan melalui sela-sela berbatuan dan menghasilkan bunyi yang indah seperti mendengarkan bunyi seruling.

Karang Spinx
Hal unik lain yang dapat kita saksikan di pantai Klayar adalah adanya sebuah karang menjulang tinggi seperti bentuk patung Sphinx yang ada di Mesir.

Hal ini terbentuk dari banyaknya tebing-tebing tinggi di kawasan pantai Klayar yang jika kita lihat dari kejauhan, seperti melihat pemandangan patung Sphinx.
Pantai Klayar Pacitan, Menikmati Riuhnya Gemuruh Ombak Dibalik Dinding Karang

Anda bisa menaiki tebing ini, tetapi yang harusdiingat untuk tetap menjaga kehati-hatian dan keselamatan karena tebing ini selain tinggi juga tergolong curam sehingga sangat berbahaya.

Karang laksana bahtera Nabi Nuh
Jika anda mengarahkan pandangan lurus ke arah barat dari pantai Klayar, anda akan melihat sebuah tebing karang yang menjulang besar dengan ketinggian mencapai kurang lebih 50 meter.

Tebing karang ini sebetulnya merupakan salah satu dari gugusan karang yang ada di kawasan wisata pantai Klayar Pacitan. Pemandangan eksotis ini sepintas seperti bahtera Nabi Nuh yang sedang bersandar.

Di pantai Klayar, anda juga dapat menyaksikan fenomena di mana terjangan ombak yang menghantam bebatuan karang akan menciptakan air mancur yang bahkan tingginya mencapai 10 meter.

Pemandangan eksotis ini terjadi karena adanya semburan kencang air laut yang masuk melalui bagian bawah bebatuan.

Legen, minuman khas pantai Klayar
Di pantai ini anda juga dapat menyaksikan beberapa penduduk lokal memanjat pohon kelapa yang tinggi untuk mengambil air deresan.

Air tersebut nantinya akan digunakan untuk bahan baku pembuatan gula jawa. Air yang memiliki rasa manis ini disebut “legen”, Anda dapat mencicipinya di pantai Klayar.

Waktu senja tiba, anda bisa menikmati keindahan sunset  di pantai Klayar Pacitan yang menawan. Sejauh mata memandang horizon, anda akan mendapat suguhan panorama pantai yang indah dengan baluran nuansa alam yang begitu kental.

Peta lokasi pantai Klayar

Alamat Pantai Klayar: Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur
Koordinat GPS: -8.223808,110.947473
Demikian sedikit coretan perjalanan saya menikmati keindahan pantai Klayar Pacitan yang mempesona. Meskipun perjalanan ke sana terbilang lumayan berat tetapi cukup sebanding dengan keindahan panorama alam yang ditawarkan.

Selamat berlibur dan tetap utamakan keselamatan diri.