Salak termasuk buah yang sangat populer di Indonesia dan hampir bisa dijumpai di seluruh pelosok negeri, dan ada beberapa daerah yang cukup terkenal dengan sentra salaknya seperti, di Sleman dengan Salak Pondohnya.

Menurut Wikipedia, salak adalah sejenis palma dengan buah yang biasa dimakan. Ia dikenal juga sebagai sala (bahasa Minangkabau, Makasar, Bugis dan Thailand). Dalam bahasa Inggris disebut salak atau snake fruit, sementara nama ilmiahnya adalah Salacca zalacca.

Dalam bahasa latin, salak disebut sallaka edulis, sedangkan di Amerika dan Eropa buah ini disebut snake fruit karena bentuk kulit yang seperti sisik ular.

Jika dibandingkan dengan buah-buah yang lain, salak yang tumbuh hanya di daerah tropis ini memang tidak setenar apel, jeruk, atau pisang karena masih banyak yang belum tahu manfaat yang terkandung pada buah salak untuk kesehatan tubuh.
7 Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan Tubuh yang Belum Diketahui Banyak Orang

Kandungan dan Manfaat Buah Salak

Apa saja kandungan gizi di dalamnya?

  • 368 kk energi
  • 0,8 gr protein
  • 90,3 gr karbohidrat
  • 0,4 gr lemak
  • 38 mg kalsium
  • 31 mg fosfor
  • 3,9 mg zat besi
  • 8,4 gr vitamin C
  • serat
  • beberapa gram vitamin B dan mineral

Sekarang, apa saja manfaat salak untuk kesehatan tubuh?

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan vitamin C pada salak mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai virus penyakit.

2. Menjaga kesehatan mata

Salak mengandung betakarotin lima kali lebih banyak dari wortel, tomat, mangga dan semangka. Jika Anda ingin menjaga kesehatan mata tetapi tidak menyukai wortel yang dipercaya selama ini mampu menjaga mata tetap sehat, Anda bisa menggunakan salak sebagai buah alternatif untuk memenuhi kebutuhan kesehatan mata.

3. Mencegah pertumbuhan kanker

Buah ini juga kaya antioksidan yang dapat mencegah tumbuh-kembang sel kanker penyebab kanker.

4. Mengobati diare

Dalam kandungan salak juga terdapat tanin yang telah banyak dikenal sebagai bahan pengobatan pada diare.

5. Kaya serat

Ada mitos yang selama ini mungkin sering kita dengar bahwa mengkonsumsi terlalu banyak salak akan membuat buang air besar menijadi susah.

Padahal, kulit ari buah salak mengandung serat yang dibutuhkan tubuh, yang justru memperlancar pencernaan. Jadi ada persepsi salah di masyarakat kita mengenai cara makan buah salak yang benar.

Kalau biasanya kita makan salak dengan membersihkan kulit arinya terlebih dahulu, mulai saat ini usahakan kulit ari buah salak jangan sampai anda buang.

6. Membantu proses diet

Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi didalamnya mampu menahan lapar ketika sedang menjalankan program diet.

7. Meningkatkan kecerdasan otak

Buah ini juga mampu meningkatkan kinerja otak dengan membawa kandungan pottasium dan pektin, yang dapat menutrisi beberapa syaraf serta mampu memperlancar dan mengendalikan peredaran darah menuju otak.

Selain beberapa manfaat tersebut, salak juga memiliki efek yang kurang baik bagi sebagian orang, seperti para penderita maag, dan tifus karena beberapa kandungannya tidak baik untuk oleh para penderitanya.

Anda bisa mengonsumsi salak kapan saja. Bahkan, akan lebih nikmat lagi jika dibuat sebagai asinan atau kripik salak untuk camilan sehari-hari.

Ada banyak manfaat buah salak yang ternyata cukup baik bagi kesehatan tubuh. Jadi kini, salak bisa menjadi salah satu buah yang bisa anda konsumsi untuk keseharian Anda.

Demikian informasi mengenai manfaat buah buah salak yang bisa saya bagikan untuk Anda. Semoga bermanfaat dan sehat selalu untuk Anda