Anda mungkin pernah dengar orang berkata, jangan banyak-banyak makan mie instan, nggak baik untuk kesehatan.

Benarkah mengkonsumsi mie instan bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita ?

Kalau selama ini Anda termasuk salah satu pecinta mie instan, sebaiknya Anda simak artikel ini terlebih dahulu.

Siapapun pasti setuju bahwa mie instan merupakan salah satu comfort food yang tidak pernah gagal untuk membahagiakan hati yang sedang sedih. Sehingga banyak orang yang bisa menjadi kecanduan karenanya dan membuat penyuka mie instan akan lebih banyak mengkonsumsi dari yang disarankan.

Kenapa kebanyakan makan mie instan tidak baik untuk kesehatan tubuh?

Tentu saja, sebenarnya tidak hanya mie instan saja karena sesuatu yang berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Tapi mengkonsumsi mie instan yang berlebihan memiliki efek negatif 2x lipat dibanding makanan yang lain.
Benarkah Makan Mie Instan Tidak Baik untuk Kesehatan Tubuh Kita ?

Dampak Buruk Mie Instan bagi Kesehatan Tubuh

Alasan apa yang membuatnya tidak baik bagi tubuh kita ? Seperti yang dilansir oleh boldsky.com, berikut penjelasannya.

Rendah protein dan serat

Mie instan merupakan makanan olahan yang rendah protein dan serat. Sehingga jika dikonsumsi dalam porsi yang banyak bisa menyebabkan penambahan berat badan secara masif dan berpotensi menjadi obesitas.

Menyebabkan sindrom metabolik

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang makan mie instan lebih dari 2 kali dalam seminggu memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena sindrom metabolik dibandingkan dengan mereka yang jarang makan mie. Gangguan ini tentu saja bisa menyebabkan penambahan berat badan.

Mengandung lemak jenuh

Makanan olahan seperti yang kita tahu mengandung lemak jenuh. Makanan ini juga kaya akan zat artifisial dan minyak yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Mengandung MSG

MSG merupakan zat penguat rasa pada makanan olahan. Terlalu banyak mengkonsumsi MSG bisa menyebabkan kenaikan berat badan, tekanan darah meningkat, sakit kepala, dan mual.

Tinggi garam

Terlalu banyak konsumsi garam memiliki efek negatif untuk kesehatan tubuh seperti menyebabkan peningkatan tekanan darah dan risiko penyakit kardiovaskular.

Mengandung propylene glycol

Zat ini memiliki fungsi agar membuat mie tetap awet dan kering sehingga tidak mudah rusak. Zat ini jika terlalu banyak terdapat dalam tubuh dan menumpuk di ginjal, jantung, atau lever akan membahayakan bagi kesehatan tubuh.

Jika Anda tidak bisa lepas dari kebiasaan untuk mengkonsumsi mie instan, maka minimal Anda harus batasi jumlah konsumsinya. Anda juga bisa mengolahnya dengan divariasi dengan beberapa sayuran agar lebih sehat.

Demikian sedikit informasi mengenai efek negatif terlalu banyak makan mie instan. Semoga bermanfaat untuk kesehatan Anda dan keluarga. Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca artikel ini.